-->

The Zodiac Killer, Pembunuh Berantai Misterius Yang Tak Terungkap

Gambar Produk


"I like killing people because it’s so much fun.”
The Zodiac Killer


Pada bulan Juli 1969, sebuah surat tiba di kantor surat kabar The San Francisco Examiner berisi kata-kata yang dingin dengan pesan yang berkode. Pengirimnya kelak akan dikenal dengan nama The Zodiac, seorang pembunuh berantai yang meneror California Utara pada akhir 1960an dan awal 1970an dengan alur pembunuhan yang mengerikan dan surat publik aneh penuh ancaman, tuntutan yang berapi-api dan cipher (kode) misterius menggoda identitasnya.

Identitas The Zodiac tidak dapat dipecahkan oleh para penegak hukum, professional code breakers maupun armchair criminologists, setidaknya hampir selama 50 tahun. Saat itu The Zodiac secara resmi terhubung dengan lima pembunuhan dan dua percobaan pembunuhan. The Zodiac juga mengisyaratkan bahwa dia telah membunuh setidaknya 37 korban.


Pelaku Zodiac Killer bukanlah pelaku pembunuhan biasa, melainkan ia adalah psikopat dengan kecerdasan di atas rata-rata, Teka-teki yang selalu ia berikan kepada pihak kepolisian merupakan teka-teki sulit yang memang tidak mudah untuk dipecahkan.


Ciri-ciri pelaku The Zodiac Killer
Menurut keterangan dari beberapa orang saksi, pelaku Zodiac Killer mengenakan pakaian tertutup yang ia kenakan untuk menyembunyikan identitas aslinya. Dalam beberapa waktu, pelaku juga diketahui menggunakan kalung yang ia klaim sebagai lambang zodiak.

Pelaku juga sempat diidentifikasi sebagai orang berkulit putih. Namun, di lain waktu, ada saksi yang melihatnya sebagai orang kulit hitam. Karena informasi simpang siur yang tidak bisa dipertanggungjawabkan inilah, pihak kepolisian tidak dapat melakukan penyelidikan secara maksimal.

Tak jarang, pelaku digambarkan sebagai orang bertubuh tinggi dan kekar. Namun, ada juga yang sempat melihat pelaku sebagai orang kurus yang menggunakan kacamata. Beberapa sketsa wajah sebetulnya pernah dibuat dan disebarkan, namun hasilnya juga nihil.

Beberapa kalangan berpendapat bahwa pembunuh berjuluk Zodiac Killer tersebut lebih dari satu orang. Mungkin mereka merupakan kelompok pembunuh yang sangat terorganisasi, bahkan memiliki koneksi dengan pihak-pihak tertentu. Yang jelas, kasus Zodiac Killer telah menjadi salah satu kasus kelam paling misterius di Amerika Serikat

Setelah mengejek polisi dan masyarakat dengan hampir dua lusin pernyataan resmi, The Zodiac tampaknya menghilang pada akhir 1970-an. Tetapi "warisannya" tetap bertahan, ia menginspirasi tiga pembunuh penirunya di kehidupan nyata, lusinan buku, acara TV, dan film — termasuk, yang paling terkenal, "Dirty Harry.” yang diperankan oleh Clint Eastwood

Berikut adalah kronologi pembunuhan yang menunjukkan tanda-tanda The Zodiac.


Santa Barbara

Robert Domingos dan tunangannya Linda Edwards adalah senior di Lompoc High School di Santa Barbara County di California Selatan. Pada hari Selasa di awal Juni 1963, pasangan ini memutuskan untuk menggunakan "Senior Ditch Day" untuk berjemur di pantai dekat Gaviota State Park.

Ketika kedua remaja itu tidak pulang pada hari Rabu, ayah Robert pergi ke pantai dan mendapati tubuh mereka berbaring bersama di dalam reruntuhan gubuk yang hancur.

Para korban yang diikat dengan tali, tampaknya berusaha melarikan diri, tetapi ditembak dan dibunuh dengan senjata kaliber 22. Robert ditembak 11 kali dan Linda telah ditembak sembilan kali. Si pembunuh kemudian menyeret mayat-mayat itu ke gubuk tempat ia mencoba dan gagal menyalakan api.

Investigator hanya memiliki sedikit petunjuk tetapi pada tahun 1972, departemen Santa Barbara County Sheriff’s mengumumkan kemungkinan adanya hubungan zodiak. Pembunuhan di pantai menggunakan amunisi Winchester Western Super X, amunisi yang sama yang digunakan oleh Zodiac selama pembunuhan 1968 di Lake Herman Road. Kasus Domingos / Edwards juga memiliki kemiripan dengan serangan Zodiac terhadap pasangan muda lain di Danau Berryessa pada tahun 1969.


Riverside (possible Zodiac)

Cheri Josephine Bates yang berusia delapan belas tahun tinggal bersama ayahnya Joseph. Cheri adalah seorang mahasiswa di Riverside City College di Riverside, California. Pada 30 Oktober 1966, dia meninggalkan pesan yang bertuliskan, "Ayah— - pergi ke perpustakaan RCC."

Pagi berikutnya, Volkswagen Beetle-nya ditemukan ditinggalkan di tempat parkir perpustakaan, dan tubuhnya terbaring di dekatnya di antara dua rumah. Dia telah ditikam beberapa kali dan tenggorokannya disayat. Polisi menemukan arloji pria Timex di tempat kejadian, sebuah cetakan dari sepatu bot militer dan beberapa helai darah kering di tangan korban. Dompet Cheri Jo masih utuh, dan otopsi mengungkapkan tidak ada bukti kekerasan seksual.

Satu bulan setelah pembunuhan itu, surat kabar lokal dan departemen kepolisian menerima surat ketikan berjudul "The Confession" dari seseorang yang mengaku sebagai pembunuhnya. Penulis menulis, “Miss Bates bodoh. Dia pergi ke pembantaian seperti domba," dan menambahkan, "Saya tidak sakit. Saya gila."

Pada bulan April 1967, surat kabar, polisi dan Joseph Bates menerima surat tulisan tangan yang hampir sama yang bertuliskan, "Bates harus mati. Akan ada lebih banyak lagi." Catatan itu ditandatangani dengan simbol yang menyerupai huruf "Z."

Pada tahun 1969, polisi Riverside menghubungi penyelidik di California Utara mengenai kesamaan antara kejahatan Zodiac dan pembunuhan Cheri Jo Bates. Sherwood Morrill, yang saat itu menjadi pemeriksa dokumen untuk Departemen Kehakiman California, menyimpulkan bahwa Zodiac bertanggung jawab atas catatan yang terkait dengan kasus Bates.

"Riverside connection" kemudian diungkapkan kepada publik oleh Paul Avery, reporter The San Francisco Chronicle. Zodiac kemudian mengirim surat ke Los Angeles Times yang mengindikasikan bahwa si pembunuh mengkonfirmasi teori bahwa ia telah membunuh Bates. The Zodiac menulis,
 “I do have to give them credit for stumbling across my riverside activity, but they are only finding the easy ones, there are a hell of a lot more down there.”

Bertahun-tahun kemudian, polisi Riverside menolak teori Zodiac dan berfokus pada seorang pria yang menurut mereka adalah mantan kekasih Bates. Pada akhir 1990-an, polisi memperoleh sampel DNA tersangka untuk dibandingkan dengan DNA yang diambil dari rambut yang ditemukan di tangan korban pada tahun 1966. DNA tidak cocok, dan tersangka membantah terlibat dalam pembunuhan itu.


Benicia

Lima malam sebelum Natal, siswa sekolah menengah Betty Lou Jensen dan David Faraday berangkat pada kencan resmi pertama mereka bersama, menjanjikan orang tua Betty Lou bahwa mereka akan pulang pukul 11:00 malam. Tak lama setelah itu, pengendara yang lewat melihat Rambler dan penumpangnya diparkir di lovers lane spot di sepanjang Lake Herman Road di Benicia, California.

Beberapa saat kemudian, pengemudi lain memperhatikan dua mayat yang tampaknya tak bernyawa di sisi jalan. Polisi Benicia dan yang lainnya merespons kejadian itu dan menemukan Betty Lou tewas dengan lima luka tembak di punggungnya. David ditemukan di sebelah Rambler dengan luka tembak di kepalanya, masih bernafas tetapi hampir mati.

Lubang-lubang peluru di atap dan jendela belakang mobil mengindikasikan bahwa si pembunuh mungkin telah menembakkan tembakan peringatan untuk memaksa para korban keluar dari kendaraan. Selongsong peluru yang ditemukan di tempat kejadian mengidentifikasi amunisi sebagai Winchester Western Super X berlapis tembaga.

Bukti balistik menunjukkan bahwa pembunuhnya menggunakan pistol semi-otomatis J. 80 Higgins kaliber 22. Penyelidik percaya bahwa dua remaja itu kemungkinan adalah target acak yang dibunuh oleh orang asing karena alasan yang tidak diketahui.


Vallejo

Darlene Ferrin yang berusia 22 tahun adalah seorang istri, ibu, dan pelayan populer di restoran Vallejo. Pada malam 4 Juli, dia menjemput temannya Michael Mageau dan menghentikan Corvair di tempat parkir Blue Rock Springs Park. Michael kemudian mengatakan kepada polisi bahwa kendaraan lain masuk ke tempat parkir sekitar tengah malam dan kemudian pergi hanya untuk kembali beberapa menit kemudian.

Pengemudi itu turun dari mobil, memancarkan cahaya terang dan menembak ke Corvair dengan pistol 9mm. Michael tertembak di rahang, bahu dan kaki; Darlene dipukul beberapa kali. Pada pukul 12:40 malam, dalam sebuah panggilan yang kemudian ditelusuri ke sebuah telepon umum pom bensin, seorang pria menelepon departemen kepolisian Vallejo dan mengaku bertanggung jawab atas penembakan itu serta pembunuhan di Lake Herman Road.

Menurut petugas polisi, penelepon berbicara dengan suara rendah dan monoton, mengatakan: "Saya ingin melaporkan pembunuhan. Jika Anda pergi satu mil ke timur di Columbus Parkway, Anda akan menemukan anak-anak dengan mobil cokelat. Mereka ditembak dengan Luger 9 milimeter. Saya juga membunuh anak-anak itu tahun lalu. Selamat tinggal.”

Darlene meninggal pada saat tiba di rumah sakit, tetapi Michael selamat. Investigator tidak dapat mengidentifikasi tersangka.


Lake Berryessa

Pada hari Sabtu di akhir September, mahasiswa Bryan Hartnell dan Cecelia Shepard sedang bersantai di sepanjang tepi Danau Berryessa, sekitar 30 mil di utara Napa, California. Seorang pria muncul memegang pistol dan mengenakan kostum berkerudung dengan lingkaran putih yang dijahit di bagian dada.

Pria itu menjelaskan bahwa dia telah melarikan diri dari penjara dan membutuhkan uang dan mobil untuk melarikan diri ke Meksiko, ia mengikat pergelangan tangan Bryan dan Cecelia dengan tali jemuran plastik yang sudah dipotong sebelumnya. Tanpa peringatan, dia menusukkan pisau besar ke punggung Bryan enam kali, kemudian menikam Cecelia 10 kali saat dia berjuang untuk hidupnya.

Pria itu kemudian menuju ke mobil Bryan,dan menggunakan pena untuk menggambar lingkaran silang di pintu dengan tanggal dan lokasi serangan sebelumnya, tanggal "27 September 69," waktu "6:30," dan catatan, "Dengan pisau."

Pada pukul 19:40, seorang pria menelepon departemen kepolisian Napa untuk melaporkan "pembunuhan ganda." Penelepon itu menggambarkan mobil Bryan, mengarahkan polisi ke tempat kejadian kejahatan, dan mengaku, "Akulah yang melakukannya." Polisi melacak panggilan ke telepon umum di tempat cuci mobil di Napa. Cecelia meninggal dua hari kemudian, tetapi Bryan selamat.


San Francisco 

Paul Stine, seorang mahasiswa dan suami berusia 28 tahun, bekerja sebagai sopir taksi di San Francisco. Malam itu, Stine membawa penumpang yang menuju ke lingkungan kelas atas Presidio Heights. Di persimpangan Washington dan Cherry Streets, penumpang menembak kepala Stine dan melepas sebagian baju korban.

Pria itu pergi tepat sebelum polisi datang, tetapi siaran radio polisi keliru menggambarkan tersangka sebagai pria kulit hitam, dan petugas yang lewat membubarkan seorang pria kulit putih yang menyerupai deskripsi yang benar. Sidik jari yang ditemukan di sisi pengemudi kabin mungkin milik si pembunuh dan sebuah sketsa dibuat berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh para saksi.

Kasus ini dianggap sebagai perampokan rutin sampai kantor The San Francisco Chronicle menerima sebuah amplop dengan surat dari "The Zodiac" yang dimulai dengan kata-kata, "Saya adalah pembunuh pengemudi taksi." Amplop itu juga berisi darah sepotong noda kemeja Paul Stine. Zodiak menyangkal dia meninggalkan sidik jari dan mengklaim sketsa polisi itu tidak akurat karena dia mengenakan penyamaran.


Modesto Area (possible Zodiac)

Pada suatu Minggu di akhir Maret, Kathleen Johns yang berusia 22 tahun mengemas putrinya yang masih bayi ke dalam station wagon dan meninggalkan San Bernardino, California untuk mengunjungi ibunya yang sakit di Petaluma, di bagian utara negara bagian itu. Kathleen tengah hamil tujuh bulan.

Ketika dia melakukan perjalanan di Highway 132 dekat Modesto, kendaraan lain menepi di samping station wagon dan pengemudi tampak memberi tanda bahwa Kathleen harus menepi. Di sisi jalan, pengemudi menjelaskan bahwa roda belakang station wagon Kathleen longgar, tetapi ia berjanji untuk memperbaiki masalahnya. Bukan memperbaiki roda mobil Kathleen, sebaliknya, dia melonggarkan mur roda dan roda lepas ketika Kathleen mencoba untuk pergi.

Pria itu kemudian menawarkan untuk mengantar Kathleen ke pompa bensin. Kathleen naik ke mobil pria itu dan Kathleen menyadari pria itu punya rencana lain. Kathleen mengklaim dia juga membuat ancaman terselubung untuk menyakiti anaknya. Akhirnya, Kathleen meraih putrinya dan melompat dari mobil.

Seorang pengemudi yang lewat membawa Kathleen ke kantor polisi terdekat di mana ia mengidentifikasi orang asing itu dari sketsa Zodiac.

Beberapa bulan kemudian, sebuah surat Zodiac menyebutkan "perjalanan yang agak menarik" dengan seorang wanita dan bayinya.


Lake Tahoe (possible Zodiac)

Pada Mei 1970, Donna bekerja di San Francisco di Rumah Sakit Umum Letterman, yang terletak di pangkalan militer Presidio di dekat daerah tempat Zodiac membunuh seorang sopir taksi. Donna pindah ke timur laut ke South Lake Tahoe dan mendapatkan pekerjaan sebagai perawat di Sahara Hotel and Casino. Pada tanggal 6 September 1970, Donna menghilang beberapa saat setelah entri terakhir dalam buku catatan kerjanya pada jam 1:50 pagi. Mobilnya kemudian ditemukan ditinggalkan di dekat apartemennya.

Menurut beberapa akun, seorang pria tak dikenal sebagai majikan Donna, mengklaim bahwa Donna harus meninggalkan kota karena keadaan darurat keluarga. Keluarga Donna memberi tahu pihak berwenang bahwa tidak ada keadaan darurat seperti itu, dan lelaki itu tidak pernah diidentifikasi.

Penyelidik mencurigai Donna telah diculik dan dibunuh, tetapi tubuhnya tidak pernah ditemukan. Hilangnya Donna tetap menjadi misteri dan namanya ditambahkan ke daftar panjang kemungkinan korban Zodiac.


Albany

Pencarian petunjuk baru dalam kasus Zodiac mengarahkan para penyidik melintasi Amerika Serikat ke Albany, New York. Kantor surat kabar Albany Times Union menerima amplop bertanda pos 1 Agustus 1973, dengan lingkaran melintang yang digambar di sudut, bukan alamat pengirim.

Surat itu berbunyi, "Anda salah, aku tidak mati atau di rumah sakit, aku masih hidup dan sehat. Dan aku akan memulainya lagi. Di bawah ini adalah nama dan lokasi korban berikutnya. Tapi Anda sebaiknya bergegas karena saya akan membunuhnya 10 Agustus jam 5:00 sore saat shift berubah. Albany adalah kota yang menyenangkan. "

Si Gabut
Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya.
Oke, Gak jelas