-->

Kematian Misterius JonBenét Ramsey, Si Putri Kecantikan Cilik

gambar 1 gambar 2 gambar 3


"Does someone actually think I would kill my child because she wet the bed?"
-Patsy Ramsey

Jon Benet Ramsey adalah gadis kecil yang berusia enam tahun, tiba tiba saja menjadi berita nasional setelah ia ditemukan terbunuh di dalam rumahnya di Colorado pada Desember 1996. Kasusnya masih belum terpecahkan hingga kini.

Siapakah JonBenét Ramsey?
JonBenét Ramsey lahir pada 6 Agustus 1990 di Atlanta, Georgia.
JonBenét tinggal bersama orang tuanya di Boulder, Colorado. Ibunya bernama Patsy, dan ayahnya bernama John, serta kakak laki lakinya bernama Burke, yang saat itu berusia 9 tahun saat JonBenét terbunuh.

JonBenét adalah seorang gadis cilik yang suka bergaul dan senang menjadi pusat perhatian. Pada usia enam tahun, ia telah memenangkan beberapa kontes kecantikan, berkat rambut pirangnya yang indah, senyum manisnya dan kostumnya yang berkilauan. Ayahnya, seorang pengusaha kaya dan ibunya, yang juga mantan ratu kecantikan (Miss West Virginia 1977) sangat menyayangi putri mereka dengan menyediakan apapun yang mereka bisa untuk putri mereka termasuk rumah mewah mereka dengan segala yang dibutuhkan JonBenét untuk menjalani kehidupan yang nyaman.


John Ramsey adalah seorang pengusaha, pimpinan dari Access Graphics, sebuah perusahaan sistem komputer yang kemudian menjadi anak perusahaan dari Lockheed Martin. Pernikahan pertamanya berakhir dengan perceraian pada tahun 1978. Ia memiliki 3 orang anak dari pernikahan sebelumnya.
Pada tahun 1991, John pindah dengan istri dan keluarga barunya ke Boulder, di mana kantor pusat Access Graphics berada.

Patricia "Patsy" Ramsey selalu menyertakan putri mereka di berbagai kontes kecantikan anak yang diadakan di Boulder. JonBenét memenangkan gelar America's Royale Miss, Little Miss Charlevoix, Little Miss Colorado, All-Star Kids Cover Girl dari Colorado State, dan National Tiny Miss Beauty.

Kasus pembunuhannya - yang masih belum terpecahkan - menjadi salah satu kasus kriminal paling terkenal selama sepuluh tahun. Pada 2008, setelah adanya teknologi DNA telah membantu membebaskan keluarga Ramsey dari tuduhan dalam kasus pembunuhan ini. Namun, pada tahun 2016 menunjukkan bahwa bukti DNA yang ditemukan saat itu sebenarnya adalah DNA yang telah tercampur dan diperlukan pengujian lebih lanjut lagi.
Sampai saat ini, tidak ada seorang pun yang pernah didakwa atas pembunuhan JonBenét dan penyelidikan tetap terbuka selama dua dekade setelah kematiannya.

Kematian Misterius

Pada malam natal di tahun 1996, keluarga Ramsey mengadakan perayaan natal dirumah mereka di Boulder, Colorado
Kemudian orangtua JonBenét menidurkan putrinya sekitar pukul 9 malam. Keesokan harinya, 26 Desember 1996, sang ibu, Patsy Ramsey bangun pukul 5 pagi dan menemukan 3 lembar surat misterius di lantai atas rumah mereka.
Surat kaleng itu berisikan tentang seseorang yang mengaku telah menculik JonBenét dan meminta tebusan senilai $ 118.000 untuk menebus putrinya jika ingin selamat.
Patsy Ramsey-pun menelepon polisi untuk melaporkan hal ini.
Dalam surat itu pun tertulis jika si penculik akan menelepon kembali antara pukul 8 - 10 pagi, guna memberitahu petunjuk bagaimana uang tebusan tersebut nantinya akan diambil.

Keluarga Ramsey dan polisi pun menunggu, tapi tidak ada telefon yang berdering.

Setelah menunggu beberapa lama, polisi meminta keluarga Ramsey untuk mengecek rumah mereka lagi untuk mencari sesuatu yang mungkin saja janggal untuk dijadikan petunjuk nantinya.

John, ayah JonBenét dan seorang temannya menuju ke ruang bawah tanah rumah mereka setelah polisi meminta mereka untuk mengecek semua ruangan.
Beberapa menit kemudian, John muncul dari basement dengan membawa tubuh JonBenét. John menemukan JonBenét di ruang belakang basement mereka.

Saat ditemukan JonBenét mengalami retak pada tengkoraknya akibat benturan benda tumpul dan ia pun sepertinya telah mengalami pelecehan seksual dan telah dicekik.

Pembunuhan terhadap JonBenét terlihat janggal. Banyak yang berpikir dan menduga jika keluarga Ramseys sendirilah yang telah membunuh putri mereka.

Sementara yang lainnya berpikir, kemungkinan jika sang predator seksual telah menyusup masuk ke rumah keluarga Ramsey dan membunuh JonBenét.
Tapi sesungguhnya banyak hal aneh dan janggal di kasus ini yang tidak seorangpun bisa jelaskan.

Salah satu hal janggal adalah saat kasus penyelidikan. Sejak awal ketika Departemen Kepolisian Boulder datang ke rumah keluarga Ramsey, mereka telah membuat kesalahan penting yang mengganggu penyelidikan. Di antara kesalahan yang dibuat, John Ramsey diizinkan untuk memindahkan tubuh putrinya dari ruang bawah tanah, dan John serta Patsy tidak diwawancarai secara terpisah selama pertanyaan awal.

Berdasarkan catatan kepolisian, catatan yang ditemukan di rumah Ramsey pun sudah terlihat janggal.
Yang pertama, catatan tersebut terdiri dari 3 halaman. Dan itu merupakan catatan yang sangat sangat sangat aneh dan terlalu panjang jika digunakan sebagai surat peringatan dari seorang penculik.
Kenapa tidak ditulis secara singkat dan jelas seperti, “Putrimu ada pada kami, sediakan uang tebusan...... " - mungkin kira kira bisa seperti itu saja. Bukan catatan bertele-tele hingga 3 halaman.
Catatan itu juga menggunakan bahasa yang aneh.

Dalam catatan tersebut juga tertulis bahwa para penculik akan memenggal kepala JonBenét jika uang itu tidak diberikan kepada mereka dalam kantong kertas berwana cokelat. Beberapa orang mengira catatan tersebut palsu.

Tetapi hal yang paling aneh tentang catatan adalah bahwa surat tersebut dibuat dari dalam rumah keluarga Ramsey. Polisi telah mengatakan bahwa catatan itu ditulis di atas kertas yang berasal dari rumah Ramsey. Yang berarti jika memang ada penculik, mereka harus masuk ke rumah, menculik JonBenét, dan menulis catatan tebusan sepanjang tiga halaman sementara keluarga tidur. Seperti itulah kira kira jika kita mengurutkan faktanya.

Tapi kelihatannya agak berisiko untuk seorang penculik, mengapa seorang penculik bisa meluangkan waktu untuk menulis tiga halaman penuh dan berisiko tertangkap?

Dalam catatan yang ditemukan sang penculik terlalu menceritakan bertele-tele tentang siapa dia dan apa yang akan dilakukannya terhadap JonBenét.
Dan jumlah uang yang diminta si penculik pun terlihat tidak lazim.
118,000 dollar, kenapa harus 118 ribu dolar? Kenapa tidak sekalian saja $200,000? Biar terlihat genap.

Tapi sepertinya angka ini mungkin memiliki arti. Karena angka tersebut adalah angka yang sama dengan sejumlah uang yang diterima John Ramsey sebagai hadiah natalnya.

Yang artinya, mungkin bisa jadi si penculik mengetahui tentang uang bonus yang diterima John, dan ia mungkin menginginkan hal itu juga.
Atau mungkin juga John yang sengaja menulis angka tersebut agar menciptakan alibi kalau seseorang yang mengetahui jumlah bonusnya adalah sang penculik nya.

Bagian paling aneh dari penculikan itu adalah nyatanya tidak ada penculikan. JonBenét ditemukan di ruang bawah tanah setelah beberapa jam sang ibu melapor ke 911.
Di ruang bawah tanah tempat JonBenét ditemukan, ada jendela yang rusak dan jejak kaki di koper yang terletak tepat di bawah jendela.
Hal ini menunjukkan, kemungkinan jika ada penyusup, beginilah cara mereka masuk. Namun, tidak ada jejak kaki di atas salju di luar rumah Ramsey (saat itu memang hari natal) dan terdapat jaring laba-laba di jendela yang tidak tidak rusak.

Logikanya, jika seseorang masuk melalui jendela, sarang laba-laba kemungkinan akan rusak. John Ramsey mengklaim bahwa dia secara tidak sengaja memecahkan jendela ini sebelum terjadinya pembunuhan.

Tapi dari mana jejak kaki itu berasal? Apakah ini dilakukan oleh John untuk membuatnya agar kelihatan seolah olah seseorang telah menyusup masuk melalui jendela, atau apakah itu semua hanya kebetulan?

Dan satu hal aneh tentang koper itu: Ramsey mengklaim itu bukan milik mereka dan mereka tidak tahu bagaimana koper tersebut ada di ruang bawah tanah mereka.

Koper itu diperiksa oleh polisi, dan ditemukan didalamnya berisi selimut dengan bercak sperma dan buku Dr. Seuss. Tapi hal anehnya, sperma itu milik anggota keluarga lain. Siapakah dia?

Sperma itu milik putra tertua John dari pernikahan sebelumnya (sebelum menikah dengan ibu JonBennet, John pernah menikah dan memiki 3 orang anak. Satu laki laki dan dua perempuan. Satu anak perempuannya bernama Elizabeth meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil di tahun 1992).
Dan kedua anak John lainnya tidak tinggal bersama keluarga Ramsey. Tetapi polisi dapat membuktikan bahwa dia tidak berada di Boulder pada saat pembunuhan itu.

Namun dugaan lain yang banyak di asumsi orang orang adalah bahwa kakak JonBenet, Burke (yang saat itu berusia 9 tahun) membunuh JonBenét secara tidak sengaja dan orang tuanya membantu menutupinya, tetapi ada beberapa kekurangan pada tuduhan ini.

Fakta lain yang ditemukan saat otopsi adalah di dalam perut JonBenet terdapat nanas.
Otopsi mengungkapkan bahwa JonBenét memiliki potongan nanas di perutnya ketika dia meninggal.

 Dan didapur Ramsey, terdapat semangkuk nanas dengan sidik jari Burke ditemukan.
Apa artinya ini? Beberapa orang berpikir mungkin saja ada pertengkaran masalah nanas yang menyebabkan Burke menyerang JonBenét

Teorinya adalah bahwa Burke telah membunuh adik perempuannya secara tidak sengaja, mungkin saja secara tidak sengaja memukul kepalanya dengan sesuatu yang keras karena kesal misalnya kemudian orangtuanya menulis catatan itu dan mengikat JonBenét di lantai bawah untuk membuatnya terlihat seperti penculikan.

Tapi tuduhan ini terbantahkan karena JonBenét meninggal akibat pukulan benda tumpul di kepalanya dan pencekikan. Ia ditemukan diikat dengan tali di lehernya, dan itu ditunjukkan melalui otopsi bahwa dia masih hidup ketika dia dicekik.

Jika Burke secara tidak sengaja membunuh saudara perempuannya, mengapa dia dipukuli dan dicekik?

Lalu bagaimana dengan bukti, bahwa JonBenet mengalami pelecehan seksual?
Dia ditemukan dengan setetes darah di pakaian dalamnya dan beberapa tanda bahwa dia mungkin pernah mengalami pelecehan seksual di masa lalu.
Ibunya telah membawanya ke dokter untuk iritasi vagina di masa lalu tetapi mengklaim itu berasal dari mandi busa.

Fakta lainnya adalah tubuh JonBenet menunjukkan tanda aneh yang kelihatannya berasal dari setrum. Di punggungnya, JonBenét memiliki dua titik kecil yang tampak seperti berasal dari pistol setrum.



Ramsey memang lepas dari semua tuduhan kejahatan berkat bukti DNA, tetapi tempat kejadian benar-benar telah terkontaminasi, jadi sulit untuk membuat kesimpulan nyata.

Ada DNA yang ditemukan pada pakaian dalam JonBenét yang tidak dapat dicocokkan dengan siapa pun dalam keluarga. Tapi itu juga tidak bisa dicocokkan dengan siapa pun di database kepolisian.

Dari siapa DNA ini? Itu tidak jelas.
Seorang spesialis DNA berpendapat bahwa itu bisa saja berasal dari pabrik tempat pakaian dalam itu dibuat. Selain DNA misterius, TKP benar-benar telah terkontaminasi karena Ramey, dan teman-teman mereka berada di rumah sepanjang hari sebelum mayat JonBenét ditemukan.

Menurut penyidik, Ramseys bertingkah aneh sepanjang hari. Sementara mereka menunggu panggilan telepon dari para penculik (sebelum mereka menemukan mayat JonBenét) orang tua JonBenét hampir tidak tinggal di ruangan yang sama satu sama lain. Bahkan mereka tidak mengomel bahwa para penculik tidak pernah menelepon.

Polisi dan keluarga menunggu para penculik menelepon antara jam 8 - 10 pagi seperti yang ditunjukkan oleh catatan, tetapi tidak ada yang pernah menelepon.

Panggilan 911 yang dilakukan ibu JonBenét pun memiliki beberapa elemen yang sangat aneh.
Ketika Patsy menelepon 911 untuk melaporkan putrinya telah hilang, dia menggunakan bahasa yang cukup aneh. Dia berkata, “Kami melakukan penculikan” ketika dia menjelaskan mengapa dia menelepon.

Jenis bahasa pasif ini "We have a kidnapping” yang seharusnya Patsy memakai kalimat “My daughter has been kidnapped” telah dikaitkan dengan kebohongan.

Patsy pun saat itu yang menutup telepon pada 911 terlebih dahulu.
Ia adalah orang yang mengakhiri panggilan 911. Dan hal ini bukan hal yang umum terjadi. Karena biasanya, orang-orang tetap terhubung dengan 911 sampai polisi tiba di sana atau sampai mereka tahu pasti polisi akan segera ke sana.

Patsy menutup telepon dengan tiba-tiba sehingga operator 911 bertanya apakah dia masih di sana.

Dalam empat tahun berikutnya, tidak ada petunjuk lainnya yang ditemukan dan Ramseys masih menjadi tersangka utama (saat itu). John dan Patsy memberikan cerita yang tidak konsisten; penampilan mereka di media pun tampak seolah olah mereka bersalah. Catatan yang ditemukan itupun ditulis di atas kertas yang ditemukan di rumah mereka dan serat yang diambil dari lakban yang mengikat tubuh JonBenét cocok dengan serat yang sama pada pakaian Patsy.

Pada bulan Desember 1999, dewan juri Boulder memilih untuk mendakwa John dan Patsy Ramsey atas dugaan peran mereka dalam pembunuhan putri mereka; Namun, Jaksa Distrik Boulder Alex Hunter memutuskan untuk tidak menuntut mereka, karena dianggap tidak cukup bukti. Setelah kasus itu dibatalkan, keluarga Ramsey kembali ke Atlanta, Georgia untuk menghindari sorotan media dan merilis memoar The Death of Innocence tahun 2001.
Empat tahun kemudian, Pasty meninggal karena kanker ovarium pada usia 49 tahun.
Patsy dikuburkan disebelah makam putrinya.

John mengklaim bahwa ia telah kehilangan seluruh kekayaan keluarganya setelah menjadi multi-jutawan pada 1990-an. Pada tahun 2016, saudara laki-laki JonBenét, Burke Ramsey, tampil secara mengejutkan saat hadir di acara The Dr. Phil Show, memecah kebisuannya selama 20 tahun tentang kasus ini, tetapi tidak membawa bukti baru pada kasus tersebut. Meskipun dalam penampilannya di acara tersebut, Burke terlihat gugup. Dan pada akhirnya, Burke menuntut CBS karena telah melakukan tuduhan kepadanya.

JonBenét ditemukan terbunuh pada Hari Natal 1996 di Boulder. Dia dimakamkan di Pemakaman Episkopal St. James di Marietta, Georgia. Dia dimakamkan bersebelahan dengan saudara tirinya Elizabeth Pasch Ramsey, yang telah meninggal dalam kecelakaan mobil empat tahun sebelumnya pada usia 22.

Banyak buku, film dokumenter, dan acara kriminal yang telah membahas kasus ini dengan menampilkan teori mereka sendiri tentang kasus JonBenét.
Di luar keluarga Ramsey, media juga melaporkan orang lain yang dianggap mencurigakan: dari terpidana pelanggar seks anak (Gary Oliva) pembantu rumah tangga keluarga Ramsey (Linda Hoffman-Pugh) hingga tukang listrik (Michael Helgoth). Juga seorang pria yang selalu berpakaian Santa yang juga hadir di pesta natal bernama Bill McReynolds.
Namun, tidak satu pun dari orang-orang ini yang didakwa.

Si Gabut
Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya.
Oke, Gak jelas