-->

Billy Milligan, 24 Kepribadian Ganda

gambar 1 gambar 2 gambar 3



I thought I was dead, and then I woke up and found myself in jail. 
 
William Stanley Milligan adalah warga negara Amerika yang menjadi terdakwa kasus tindak pidana berat, termasuk perampokan bersenjata, ia ditangkap karena tiga perkosaan di kampus Universitas Negeri Ohio pada akhir 1970-an.  Dalam persidangannya, psikolog mendiagnosis Milligan dengan gangguan kepribadian ganda.  Pengacara Milligan, mengklaim bahwa dua kepribadian Milligan telah melakukan kejahatan tanpa Milligan menyadarinya.  Milligan adalah orang pertama yang didiagnosis dengan gangguan kepribadian ganda dan menjadikannya sebagai alasan pembelaan. Dan juga yang pertama dibebaskan dari kasus kejahatannya  karena alasan ini (multiple personality) dan menghabiskan satu dekade di rumah sakit jiwa.

Siapakah Billy Milligan
Billy Milligan lahir pada tahun 1955 di Ohio. Dari pasangan Dorothy Milligan dan Johnny Morrison.  Billy juga memiliki kakak bernama Jim Milligan dan adik bernama Kathy Milligan.
Orang tua Billy tidak menciptakan lingkungan yang baik untuk keluarga kecil mereka.  Johnny hobi mabuk,berjudi, hutang dan menderita depresi berat dan selalu berusaha bunuh diri namun gagal sebelum akhirnya Johnny benar benar tewas bunuh diri dengan meracuni dirinya dengan gas karbon monoksida melalui mesin mobilnya yang ia nyalakan dengan garasi tertutup. Johnny meninggal dunia pada  17 Januari 1959.

Kemudian Dorothy Milligan beserta anak anaknya pindah dari Miami dan kembali ke Lancaster, Ohio, dan ia menikah lagi dengan mantan suaminya.  Pernikahan ini berlangsung sekitar satu tahun.  Pada tahun 1962, ia bertemu Chalmer Milligan. Chalmer memiliki seorang putri, Challa, seusia dengan Billy, dan seorang putri lainnya yang merupakan seorang perawat.  Dorothy dan Chalmer menikah di Circleville, Ohio, pada 27 Oktober 1963.

Kelak pada persidangannya nanti, Chalmer disalahkan karena menganiaya Billy.

Ayah tiri Billy Milligan, Chalmer Milligan, telah menyiksa Billy secara fisik dan seksual ketika ia masih kecil.  Pelecehan itulah yang dilihat psikiater sebagai kunci perilaku Billy nantinya;  karena pengalaman itu memainkan peran penting dalam kisah Billy Milligan.

Di persidangannya, kesaksian tertulis dari kakak lelakinya James, ibunya, Dorothy Moore, dan saudara perempuannya, Kathy Jo Morrison, mendukung pernyataan Milligan bahwa sebagai seorang anak ia secara fisik dan mental dilecehkan oleh ayah tirinya. Ketika diwawancarai oleh wartawan, Kathy, yang duduk di dekat Billy selama persidangan, tampak terlihat emosional dan mengatakan tahun-tahun saat mereka kecil itu sebagai "horror."

Namun Chalmer Milligan menyangkal semua tuduhan itu.
Selain telah mencoba mengubur hidup-hidup Billy, catatan lain juga mengatakan Billy digantung di lumbung. Namun, Chalmer menyangkal dengan mengatakan jika ibu Billy lah yang memintanya untuk membawa Billy kesana, ke peternakan  ayah Chalmer (di mana penyerangan seksual diduga terjadi) karena Billy tidak bisa bergaul dengan anak-anak lain. Sedangkan Chalmer mengaku jika ia pergi ke sana untuk memotong rumput.

Atas dasar inilah, Billy yang menghadapi kehidupannya yang traumatis, mulai memecah-belah pikirannya menjadi kepribadian yang berbeda sejak usia lima tahun. Saat itu ia telah memiliki 3 kepribadian (bocah lelaki tanpa nama, Christene, dan Shawn).


Pada saat Milligan diadili, ia memiliki 24 karakter berbeda dalam dirinya.  Semua dengan nama yang berbeda, usia, aksen, minat, seksualitas, peran, serta cacat mental dan fisik mereka sendiri (seperti disleksia dan tuli).

Di tahun1975, Billy ditangkap karena berbagai kasus pidana dari pemerkosaan hingga perampokan bersenjata.  Salah satu dari empat korban pemerkosaannya memberi pernyataan jika Billy tidak hanya bertindak sebagai perempuan lesbian, tetapi juga seorang anak.  Dia ditangkap karena saksi dan sidik jari yang tertinggal di hampir setiap tempat kejahatannya.

Dia dibebaskan bersyarat pada awal 1977 dan  pada Oktober 1977, Milligan ditangkap karena memperkosa tiga wanita di kampus Universitas Negeri Ohio.  Dia diidentifikasi oleh salah satu korbannya dari foto-foto yang diberikan polisi, dan dari sidik jari yang diambil dari mobil korban lain. Salah satu korban mengatakan bahwa dia cukup baik dan dia bertingkah seperti gadis berusia 3 tahun.

Karena dia menggunakan senjata selama melakukan tindak kejahatan dan ditemukannya senjata di tempat tinggalnya, dia telah melanggar pembebasan bersyaratnya.  Dia didakwa atas  tiga tuduhan penculikan, tiga tuduhan perampokan dan empat tuduhan pemerkosaan. Dia kemudian tinggal di Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Ohio.

Sebelum diadili, Milligan didiagnosis oleh Dr. Willis C. Driscoll dengan skizofrenia berat.  Diagnosis ini kemudian berubah menjadi gangguan kepribadian ganda oleh psikolog Dorothy Turner dari Pusat Kesehatan Mental Komunitas Ohio.  Pada Desember 1978, Billy Milligan dibebaskan karena kegilaan dan dikirim ke banyak rumah sakit jiwa.

Di rumah sakit-rumah sakit ini, kepribadian Milligan terurai perlahan-lahan dan dia akhirnya dibebaskan setelah mencapai apa yang disebut dokternya dengan istilah fusi (penyatuan) pada tahun 1988 dan tinggal di California sebagai pemilik usaha kecil sampai kemudian ia terkena kanker pada tahun 2014.

Luasnya kepribadian Milligan sangat  menakutkan dan membingungkan. Mereka berada dalam kategori baik dan jahat dan masing-masing diciptakan untuk tujuan yang berbeda.  Milligan memang memiliki kekasih di mana ia dapat menjaga kepribadiannya dari pasangannya, tetapi begitu stres, kemarahan, ketidaknyamanan atau ketakutan muncul, secepat itu juga kepribadian yang ia inginkan akan muncul pada situasi tersebut.  Kepribadian inti Billy Milligan terkubur dalam-dalam dan terlindung dari lingkungannya yang menghancurkan.

Siapa sajakah sosok petsonaliti yang dimiliki oleh Milligan?
Kepribadian Billy dibagi menjadi 2 kelompok,  yaitu The Ten dan The Undesirables (yang tidak diinginkan)
The Ten adalah 10 kepribadian yang menguasai Milligan yang diketuai oleh Arthur dan Ragen. Kedua karakter inilah yang memberikan label The Undesirables terhadap karakter karakter yang dianggap telah melanggar peraturan.

Berikut ke 24 kepribadian Billy Milligan.
The Ten
1. William Stanley Milligan (Billy), 26 tahun.  Ia adalah "Kepribadian inti".  Tinggi 183 cm, berat 86 kg.  Matanya biru, rambutnya cokelat.

2. Arthur
Berusia 22 tahun adalah orang inggris, seorang yang bijaksana dan berbicara dengan aksen Inggris.  Ia belajar fisika dan kimia secara mandiri, ia belajar literatur medis.  Dia lancar membaca dan menulis dalam bahasa Arab.  Seorang konservatif yang keras, menganggap dirinya seorang kapitalis, namun secara terbuka mengekspresikan pemikiran ateis. Dia adalah yang mendominasi dan yang pertama kali ditemukan. Arthur adalah yang bertanggung jawab atas 'badan bersama' - Arthur selalu muncul selama Billy membutuhkan pemikiran intelektual.  Arthur juga yang menemukan keberadaan semua kepribadian lainnya. Arthur memakai kacamata.

3. Ragen Vadascovinich
Berusia 23 tahun, adalah "penjaga kebencian".  Namanya berasal dari kata "rage again".  Ragen menggambarkan dirinya sebagai orang Yugoslavia, memiliki aksen Slavik, dapat menulis dan berbicara dalam bahasa Serbia dan sangat kuat.  Dia yang mengontrol situasi situasi berbahaya dan yang berhak menentukan individu sebagai "tidak diinginkan". Ia yang menguasai kesadaran karakter inti dalam situasi berbahaya.
Dia mengaku telah melakukan perampokan untuk menghidupi "keluarga", tetapi tidak bertanggung jawab terhadap pemerkosaan. Ia pun seorang pecandu narkoba dan sering melakukan tindak kriminal. Dia selalu menggambar dalam hitam dan putih, karena dia menderita buta warna.

4. Allen
Allen berusia 18 tahun adalah seorang penipu dan manipulator.  Dia adalah orang yang paling sering berbicara dengan dunia luar.  Dia bisa bermain drum dan melukis.  Dia adalah satu satunya karakter yang tidak kidal dan ia pun satu satunya karakter yang merokok.

5. Tommy
Tommy berusia 16 tahun adalah penembak jitu;  dia sering tertukar dengan sosok Allen.  Ia memainkan saksofon dan merupakan pakar elektronik. Dia sering mengatur,  agresif dan tidak mudah bersosialiasi.  Dia juga senang melukis

6.Danny
Ia berusia 14 tahun adalah karakter yang takut pada orang, terutama pria.  Dia gemar melukis namun hanya melukis makhluk hidup dan tidak pernah melukis pemandangan. Karena dia suatu hari pernah dipaksa untuk menggali kuburannya sendiri oleh Chalmer dan dikubur hidup hidup.
Dialah sosok karakter yang paling banyak menderita karena ayah tiri Billy.
Rambutnya berwarna pirang hingga ke bahu, bermata biru, tidak tinggi dan berbadan kecil.


7. David
Usianya 8 tahun, adalah "penjaga rasa sakit".  Dia yang berempati dan selalu datang untuk mengambil rasa sakit karakter karakter lainnya. Dialah yang pertama kali muncul untuk mengambil 'luka' yang disebabkan oleh ayah tiri Billy.
Rambutnya coklat kemerahan dan bermata biru.



8. Christene
Usia 3 tahun, adalah orang yang akan berdiri di sudut sekolah ketika "Billy" akan mendapat masalah. Ia mendapat julukan,  "a child for a corner". Seorang anak kecil dari Inggris yang cerdas namun menderita disleksia, tetapi Arthur mengajarinya membaca dan menulis.  Ragen memiliki ikatan khusus dengannya. Dia senang melukis bunga dan kupu kupu. Rambutnya pirang sebahu dan bermata biru.
Dia diijinkan untuk 'muncul' hanya jika situasi aman. Dia tidak melakukan apa apa,  hanya bermain. Dia muncul jika Billy sedang tidak ingin berpikir apapun.,

9. Christopher
Adalah saudara laki-laki Christene, yang berbicara dengan aksen Inggris. Ia memainkan harmonika. Rambutnya berwarna pirang seperti Cristene namun lebih pendek. Dia jarang sekali 'muncul'.

10. Adalana
Adalah sosok personaliti Billy yang paling menarik. Seorang lesbian berusia 19th, pemalu, gemar memasak dan membersihkan rumah untuk yang lain dan senang menulis puisi.  Ia memiliki rambut hitam lurus dan panjang.
Ia dikenal dengan 'the dancing eyes' karena matanya yang selalu bergerak dari kiri ke kanan.
Pengacara Milligan mengklaim bahwa Adalana telah mengakui melakukan perkosaan tanpa sepengetahuan Milligan atau karakter lainnya.
Saat itu Arthur melarang semua pria untuk menjalin hubungan dengan wanita, tapi aturan ini tidak berlaku untuk wanita.  Jadi, Adalana mengambil kesempatan ini untuk 'bermain main', yang membuat Billy menjadi sosok pria yang penuh kasih sayang dan perhatian kepada wanita

The Undesirables.
Karakter karakter berikut diberi label sebagai 'Yang Tidak Diinginkan'.  Para alter ini tidak lagi diijinkan untuk 'muncul' (mengambil alih kesadaran). Mereka kemudian bisa dimunculkan kembali saat Billie telah berada di Rumah Sakit

11. Philip
Berusia 20th adalah seorang preman dan mengambil bagian dalam merencanakan beberapa kejahatan.  Memiliki aksen Brooklyn. Rambutnya ikal berwarna coklat dan bermata coklat.
Ia dilabeli sebagai Yang Tidak Diinginkan karena ia seorang kriminal

12. Kevin
Berusia 20th, adalah perencana kriminal;  dia membantu menyusun rencana untuk merampok toko obat. Dia senang menulis. Berambut pirang dan bermata hijau.
Dia dilabeli sebagai Tidak Diinginkan karena ia seorang kriminal

13. Walter
Berusia 22th, adalah orang Australia.  Dia menyebut dirinya sebagai pemburu. Eksentrik,  berkumis dan memiliki bakat yang hebat, bisa mengendalikan emosi.
Ia dicap sebagai Yang Tidak Diinginkan karena ia telah menembak seekor gagak

14. April
Berusia 19th, seorang wanita liar yang hanya memiliki keinginan untuk menghancurkan ayah tiri Billy. Yang lain mengatakan jika ia gila. Dia masuk daftar 'tidak diinginkan' oleh Ragen ketika ia meyakinkan Ragen untuk membunuh Chalmer. Dan beruntung, Arthur dapat berbicara dengannya di detik detik terakhir.

15. Samuel
Berusia 18th adalah orang Yahudi dan satu-satunya yang percaya pada Tuhan.  Ia seorang pembuat patung dan pemahat kayu. Rambutnya ikal hitam, berjenggot dan bermata coklat.
Ia dilabeli sebagai Yang Tidak Diinginkan karena ia telah menjual hasil karya lukisan lukisan (karakter)  yang lain.

16. Mark
Berusia 16th, adalah pekerja keras. Dia sering disebut sebagai zombie karena dia tidak melakukan apa-apa kecuali jika dia diberi tahu, dan akan menatap dinding ketika bosan.

17. Steve
Berusia 17th, adalah seorang penipu. Dia senang mentertawakan orang dan menjadikannya bahan lawakan. Ia yang paling tidak percaya jika ia hanyalah sosok 'multiple personality'.
Kesenangannya meledek orang lain sering membawa masalah.  Dia masuk kedalam daftar 'Yang Tidak Diinginkan' oleh individu lainnya karena komedinya yang selalu menyebabkan masalah.

18. Lee
Berusia 20th, suka menjahili orang. Lawakannya suka menyakiti orang lain.  Dia tidak peduli tentang konsekuensi atas tindakannya. Dia masuk daftar  'tidak diinginkan' karena salah satu leluconnya telah, memasukkan mereka ke dalam sel isolasi.

19. Jason
Berusia 13th. Dia pada awalnya muncul untuk melepaskan ketegangan bagi keluarga, tetapi dia telah menyebabkan terlalu banyak kesulitan dan telah ditandai sebagai yang 'tidak diinginkan'.
Ia dapat memblokir ingatan buruk sehingga menyebabkan karakter lainnya mengalami amnesia. Berambut Coklat, dan bermata cokelat.

20. Robert (Bobby)
Berusia 17th, yang senang berkhayal.
Dia menghayal bisa melakukan perjalanan dan bertualang. Menghayal ingin membuat dunia menjadi lebih baik tetapi dia tidak memiliki ambisi atau keahlian untuk melakukannya karena itulah dia dilabeli sebagai 'Yang Tidak Diinginkan'

21. Shawn/Sean
Berusia 4 tahun, tidak bisa berkonsentrasi dan tuli.
Dia selalu mengeluarkan suara mendengung agar bisa merasakan getaran di kepalanya.  Dia dilabeli sebagai yang 'tidak diinginkan' karena tidak berguna karena tuli.

22. Martin
19th, adalah orang sombong dan suka pamer,  berasal New York.  Dia menginginkan banyak hal tapi tidak mau bekerja. Berambut pirang dan bermata abu abu.

23. Timothy (Timmy)
Berusia 15th, bekerja di toko bunga sampai dia bertemu dengan seorang lelaki gay yang menggodanya.  Dia pergi ke dunianya sendiri setelah itu.

24. Guru (the teacher), bukan bagian dari Yang Tidak Diinginkan.
Berusia 26th, adalah rangkuman dari ke-23 personalitinya dalam 1 tubuh. Ia seorang yang cerdas. Dia mengatakan jika ia adalah Billy yang berkumpul menjadi satu.
Ia merupakan faktor terbesar yang membantu Billy mencapai 'penyatuan'.  Dialah yang memanggil semua karakter Billie untuk keluar.

Si Gabut
Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya.
Oke, Gak jelas