-->

Tahap Mengerikan Mati Tenggelam

Gambar


Di dalam film digambarkan bahwa seseorang yang tenggelam akan meronta membuat banyak riak air. Padahal kenyataannya tidak seperti itu karena ketika tenggelam tubuh akan mati lemas kehabisan oksigen.


Tenggelam kerap dianggap sebagai salah satu cara kematian yang sangat menyiksa. Karena itu, mengingat Indonesia adalah negara dengan kawasan perairan yang sangat luas dan risiko bencana alam banjir, gelombang pasang serta tsunami yang cukup tinggi.


Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa tahap yang terjadi pada tubuh ketika seseorang tenggelam hingga meninggal dunia. Seperti halnya berikut ini :


1. Kaget

Begitu kamu masuk ke dalam air tanpa pertanda, otak segera merespon bahwa kamu dalam keadaan berbahaya dan memungkinkanmu untuk merasa takut serta panik. 


Tidak seperti di dalam film kacangan yang memperlihatkan korban teriak begitu tenggelam, kemungkinan kamu bersuara apalagi berteriak secara spontan justru sangat kecil.


2. Menahan Nafas

Air akan masuk ke dalam mulut dan menyebabkan epiglotis (katup napas) tertutup sebagai bentuk proteksi.


Namun, di sisi lain, akibat yang ditimbulkan justru membuatmu jadi sulit bernapas dan semakin susah untuk berteriak meminta bantuan. Asupan oksigen yang kurang pun pada akhirnya menjadikanmu hilang kesadaran.


3. Hilang kesadaran

Kalau sudah mencapai tahap ini, kamu tidak akan lagi melakukan pergerakan. Dalam keadaan pernapasan yang terhenti, tubuhmu akan mulai tenggelam ke dasar perairan. Cepat atau lambatnya proses tenggelam ini pun dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti: berat badan, massa otot dan jumlah udara yang masih ada di dalam paru-paru.


4. Kejang

Semakin lama, semakin sedikit oksigen yang mengalir ke otak. Akibatnya, kamu akan mengalami konvulsi alias kejang-kejang. 


Perlahan-lahan, kulit tubuhmu akan berubah warna menjadi biru terutama di bagian bibir dan ujung kuku. Tubuhmu pun akan menjadi kaku. Tidak jarang, bagian mulut pun akan mengeluarkan busa.


5. Meninggal

Begitu oksigen tidak lagi disuplai ke tubuh dan otak, maka metabolisme dan proses tubuh lainnya pun tidak lagi berfungsi.


Jantung pun tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, baik menerima maupun mengirim oksigen. Karena itu, korban meninggal akibat tenggelam pun pada akhirnya akan meninggal karena serangan jantung ini.


6. Resiko mati tenggelam diair tawar lebih cepat

Konsentrasi air tawar itu kecil, lebih kecil dibanding air laut. Oleh karena itu ketika seseorang tenggelam di dalam air tawar, maka orang tersebut akan lebih cepat kehilangan nyawanya dibanding tenggelam di air laut.


Si Gabut
Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya.
Oke, Gak jelas